Enhancing The Students’ Ability In Reading Comprehension Through Reciprocal Teaching Strategy
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.346Keywords:
membaca, pemahaman, resiprokal, strategiAbstract
Pada Kurikulum 2021 mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah kejuruan dikemukakan bahwa salah satu capaian pembelajaran di kelas X adalah peserta didik dapat membaca dan merespon berbagai teks dalam bentuk teks cetak dan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pemahaman melalui strategi pembelajaran resiprokal dan mengetahui apakah strategi pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan rancanganya terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah duapuluh sembilan siswa kelas X, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, SMK Negeri 1 Bulango Utara. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan lembar pengamatan dan test hasil belajar. Data observasi dianalisis dengan menggunakan skor 1 dan 0, sedangkan data hasil belajar menggunakan rentang skor antara 0 dengan 25. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran resiprokal
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iskandar Abdullah, Simon Dai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.