Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Di Smkn 20 Jakarta

Authors

  • Alviana Sachri Fauzie Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Corry Yohana Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Annisa Lutfia Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.338

Keywords:

Prestasi belajar siswa, Hubungan guru-siswa, gaya mengajar, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMKN 20 Jakarta. Penelitian dilaksanakan dengan metode kuantitatif, dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 26 dan IBM AMOS 24. Peneliti memilih Structural Equation Modelling (SEM) sebagai teknik analisis untuk penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 204 responden siswa-siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran kelas X, XI, dan XII. Data yang digunakan untuk penelitian ini merupakan data sekunder dari SMKN 20 Jakarta, yang berisi nilai rapor siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) kelas X, XI, dan XII tahun ajaran 2020/2021 dan data primer berbentuk kuesioner melalui forms office menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan guru- siswa, gaya mengajar, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, hasil penelelitian menunjukkan bahwa, lingkungan sekolah tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Sachri Fauzie, A., Yohana, C. ., & Lutfia, A. . (2023). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Di Smkn 20 Jakarta. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(5), 1220–1231. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.338