Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Di Smkn 20 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.338Keywords:
Prestasi belajar siswa, Hubungan guru-siswa, gaya mengajar, lingkungan sekolah, lingkungan keluargaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMKN 20 Jakarta. Penelitian dilaksanakan dengan metode kuantitatif, dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 26 dan IBM AMOS 24. Peneliti memilih Structural Equation Modelling (SEM) sebagai teknik analisis untuk penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 204 responden siswa-siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran kelas X, XI, dan XII. Data yang digunakan untuk penelitian ini merupakan data sekunder dari SMKN 20 Jakarta, yang berisi nilai rapor siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) kelas X, XI, dan XII tahun ajaran 2020/2021 dan data primer berbentuk kuesioner melalui forms office menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan guru- siswa, gaya mengajar, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, hasil penelelitian menunjukkan bahwa, lingkungan sekolah tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alviana Sachri Fauzie, Corry Yohana, Annisa Lutfia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.