Layanan Masyarakat Administrasi Desa Berbasis Digital Melalui Media Whatsapp Di Desa Seminai

Authors

  • Sri Catur Setyawatiningsih Universitas Riau
  • Alexander Parmonangan Pangabean Universitas Riau
  • M.Zaki Al Mufid Universitas Riau
  • Nur Addini Hanifah Universitas Riau
  • Suci Nur Aini Syah Fitri Universitas Riau
  • Tri Anita Asmoro Dasih Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i2.31

Keywords:

Desa, Pemerintahan, Pelayanan Publik Secara Online

Abstract

Desa Seminai merupakan desa yang terletak di Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak,Provinsi Riau. Luas wilayah Desa Seminai adalah 1.928 Ha.Jumlah penduduk di Desa Seminai adalah sebanyak 2.391 jiwa, yang terdiri dari 1.230 jiwa laki-laki dan 1.161 jiwa perempuan yang terbagi dalam 3 wilayah dusun.Seiring bertambahnya jumlah penduduk setiap tahun, maka bertambah pula populasi masyarakat untuk mengurus layanan administrasi masyarakat di Desa Seminai.Di masa New Normal ini kita disarankan untuk tidak melibatkan diri dalam keramaian.Salah  satu  solusi  alternatif  terhadap tuntutan tersebut adalah dengan pemanfaatan teknologi informasi di bidang pemerintahan,seperti  media  pelayanan  online  berbasis  WhatsApp.Melalui WhatsApp diharapkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat berjalan dengan cepat dan efisien dalam bidang pelayanan publik.Oleh karena itu,digitalisasi layanan publik melalui WhatsApp dapat meminimalisir adanya keramaian dalam kegiatan pelayanan masyarakat.Sejalan dengan tujuan tersebut, kelompok kukerta di Desa Seminai pada tahun 2022 melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan pelayanan masyarakat berbasis digital melalui WhatsApp yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di Desa Seminai.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Setyawatiningsih, S. C., Pangabean, A. P. ., Al Mufid, M. ., Hanifah, N. A., Syah Fitri, S. . N. A., & Asmoro Dasih, T. A. . (2022). Layanan Masyarakat Administrasi Desa Berbasis Digital Melalui Media Whatsapp Di Desa Seminai. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(2), 174–180. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i2.31