Eksperimentasi Model Pembelajaran Dragon Ball Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas VII Pada Materi Bangun Datar

Authors

  • Masruhatun Ni’mah Tadris Matematika, IAIN Kudus
  • Nanang Nabhar Fakhri Auliya Tadris Matematika, IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.301

Keywords:

model pembelajaran Dragon Ball, Matematika, Hasil Belajar kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Dragon Ball Terhadap Hasil  Belajar Kognitif Matematika Kelas VII Pada Materi Bangun Datar Di MTs Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan post-test only control grup. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini manakah yang lebih baik antara model pembelajaran Dragon Ball dengan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar kognitif Matematika kelas VII pada Bangun Datar Di MTs Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda sebanyak 10 butir. Pengumpulan data yang diperoleh, hasil perhitungan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen 73,18 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 41,82. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa hasil dari nilai sig adalah sebesar 0,05, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Dragon Ball hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, yang artinya model pembelajaran Dragon Ball lebih baik dari pada model pembelajaran langsung

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Ni’mah, M., & Nabhar Fakhri Auliya, N. . (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Dragon Ball Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas VII Pada Materi Bangun Datar. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 949–954. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.301