Eksperimentasi Model Pembelajaran Dragon Ball Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas VII Pada Materi Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.301Keywords:
model pembelajaran Dragon Ball, Matematika, Hasil Belajar kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Dragon Ball Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas VII Pada Materi Bangun Datar Di MTs Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan post-test only control grup. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini manakah yang lebih baik antara model pembelajaran Dragon Ball dengan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar kognitif Matematika kelas VII pada Bangun Datar Di MTs Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda sebanyak 10 butir. Pengumpulan data yang diperoleh, hasil perhitungan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen 73,18 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 41,82. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa hasil dari nilai sig adalah sebesar 0,05, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Dragon Ball hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, yang artinya model pembelajaran Dragon Ball lebih baik dari pada model pembelajaran langsung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Masruhatun Ni’mah, Nanang Nabhar Fakhri Auliya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.