Sistem Motion Capture Menggunakan Satu Kamera Berbasis Point Tracking Dan Platform Blender3d
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.294Keywords:
Motion Capture, Raspberry Pi, Telegram, UltrasonikAbstract
Seni perfilman sudah menjadi bagian dari hiburan manusia semenjak beberapa abad yang lalu, dimulai dari metode tradisional seperti dongeng oral, literatur, teater, dan seni visual lainnya. Di zaman modern ini, hiburan perfilman tidak hanya dapat dibuat dengan aktor dan setting dunia nyata, melainkan dapat dibuat secara digital melalui komputer. Mulai dari animasi 2D lalu 3D, motion capture adalah langkah selanjutnya dari animasi 3D konvensional, tetapi prosedur yang rumit serta biaya untuk perangkat yang diperlukan untuk memulai mencoba motion capture membuat banyak animator dan cinematographer amatir enggan mencoba. Pedro Nogueira mengatakan di paper nya mengenai Motion Capture Fundamentals, motion capture memiliki beragam keunggulan dibandingkan animasi komputer tradisional seperti proses yang lebih cepat, kemudahan penangkapan pergerakan kompleks dan interaksi fisik antar obyek. Namun, metode ini memiliki kelemahan seperti perangkat keras dan perangkat lunak spesifik yang harus digunakan dan biaya pembuatan yang lebih besar. Berdasarkan permasalahan itu, penulis mengusulkan suatu sistem dan prosedur, dimana pendekatan motion capture dapat dilakukan dengan efektif, efisien, dan biaya yang rendah. Penelitian ini memanfaatkan beberapa komponen seperti Raspberry Pi dan sensor ultrasonic sebagai modul extensi, begitupula platform Blender3D yang akan menghasilkan video animasi yang memanfaatkan motion capture menggunakan metode point tracking dari satu kamera. Digunakan Raspberry Pi karena modul WiFi yang terintegrasi dapat berkomunikasi dengan server telegram yang akhirnya, dengan bantuan sensor ultrasonic, dapat memberikan informasi ketinggian kamera yang dikirim ke pengguna melalui aplikasi Telegram dengan bantuan bot telegram. Informasi ini yang akan digunakan oleh user sebagai referensi untuk memastikan kamera di ruang 3D di dalam animasi menjadi lebih akurat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suci Br Kembaren, Fawwaz Nabil Hibatullah, Oktaviani Oktaviani, Anacostia Kowanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.