Implementasi Kurikulum Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta

Authors

  • Eko Sulistiyono Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an, Jakarta
  • Saifuddin Zuhri Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an, Jakarta
  • Muhammad Adlan Nawawi Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.288

Keywords:

Kurikulum Ekstrakurikuler, kemampuan mengajar, peserta didik, Madrasah Aliyah

Abstract

penelitian ini adalah fenomena kurang maksimalnya aktualisasi diri peserta didik lulusan Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta dalam mengemban tugas mengajar. Banyak Peserta Didik yang masih belum siap mengemban amanah mengajar dan beranggapan tugas tersebut sangatlah berat untuk dilaksanakan. Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Arab merupakan salah satu strategi sekolah untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan dasar mengajar yang dengannya peserta didik bisa melaksanakan tugas akhir masa pengabdiannya dengan baik. Peserta didik yang secara sadar mengikuti ekstra kurikuler Bahasa Arab diharapkan memiliki peningkatan kemampuan mengajar dan bisa mengestafetkan ilmu yang sudah dipelajarinya. Secara umum penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis implementasi kurikulum kurikuler Bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan mengajar peserta didik di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.  Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metodologi analisis deskriptif. Sumber data primer ini didapatkan melalui hasil wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, waka kesiswaan, Kepala Litbang Bahasa Arab, peserta didik dan hasil dari observasi. bahwa implementasi kurikulum Ekstrakurikuler di pesantren perlu dikembangan dalam bentuk praktek dan pengembangan yang menunjang kesiapan peserta didik agar memiliki  kesiapan mengajar, mampu bekerjasama dalam tim, semangat berbagi dan penguatan motivasi. Simpulan lainnya dari tesis ini, pesantren telah mengimplementasikan kurikulum Ekstrakurikuler Bahasa Arab dalam usaha meningkatkan kemampuan mengajar peserta didiknya. Dalam prakteknya MA Islamic Centre Bin Baz telah memberikan fasilitas pendukung moril berupa diterjunkannya tenaga pendidik yang berkompenten, dukungan materi berupa pendanaan yang disiapkan untuk menunjang peningkatan kemampuan mengajar peserta didiknya. Hasil penerapan tersebut adalah terbentuknya peserta didik yang memiliki kemauan dan kemampuan mengajar sekalipun kendala secara usia dan pengalaman masih memiliki banyak keterbatasan

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Sulistiyono, E., Zuhri, S. ., & Adlan Nawawi, M. . (2023). Implementasi Kurikulum Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 851–864. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.288