Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis

Authors

  • Sophia Adilla Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Windia Deviana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Syafaatul habib Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.287

Keywords:

Budaya, Islami, Kepala Sekolah, Peran.

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan banyak bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Namun, kepala sekolah sangat penting untuk efektivitas lembaga. Dengan demikian, untuk meningkatkan mutu pendidikan, selain dilaksanakan secara struktur, juga harus dibarengi dengan pendekatan budaya. Kepala sekolah terdiri dari dua kata yaitu kepala sekolah dan sekolah. Seorang pemimpin dapat dipahami sebagai presiden atau kepala organisasi atau lembaga. Sekolah merupakan surga bagi siswa yang menginginkan pendidikan formal. Singkatnya, kepala sekolah dapat dipahami sebagai seorang guru fungsional, bertugas memimpin sekolah, tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, atau tempat terjadinya interaksi antara guru dengan guru yang diterima siswa. pelajaran. . Sutradara berperan dalam pengembangan budaya Islami di lingkungan sekolah, peran ini menuntut sutradara untuk dapat menempatkan dirinya pada situasi yang berbeda yang dialaminya. Upaya kepala sekolah untuk mengembangkan budaya sekolah yang fokus pada visi, misi, dan tujuan sekolah, menciptakan komunikasi formal dan informal, inovasi, dan kemauan mengambil risiko, memiliki strategi yang jelas dan komitmen yang jelas. Sutradara juga berperan dalam semua proses pengembangan budaya Islam, seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pengembangan budaya Islam.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Adilla, S., Deviana, W. ., & habib, S. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839–850. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.287