Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli

Authors

  • Palindungan Lahagu Universitas Nias
  • Odaligoziduhu Halawa Universitas Nias
  • Syukur Berkat Jaya Hulu Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.270

Keywords:

Tingkat Pendidikan dan, Kinerja, Pegawai

Abstract

Tingkat pendidikan merupakan tahapan pendidikan yang ditentukan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, dengan tujuan yang dicapai dan kemauan yang dikembangkan. Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, karena pendidikan bisa memampukan kualitas seseorang dan pendidikan bukan untuk sesaat saja, namun untuk selamanya. Dengan demikian pendidikan adalah tanggungjawab antara keluarga, sekolah dan masyarakat. Dengan berpedoman pada pendidikan maka manusia dapat berkembang dan maju untuk mencapai kesempurnaan.

Kinerja pegawai adalah suatu hasil yang dicapai berdasarkan kriteria yang berlaku disuatu pekerjaan tertentu. Penilaian kinerja merupakan pengukuran tingkat kualitas kinerja pegawai dan ini kesempatan bagi para pegawai untuk mengetahui bagaiman keberhasilan kerja mereka. Dengan adanya penelitian ini yang menjadi rumusan masalahnya adalah, bagaimana pengaruh tingkat pendidikan dengan kinerja di Kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh tingkat pendidikan dengan kinerja pegawai di Kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah pegawai di Kantor Pengadilan Negeri Gungsitoli Sebanyak 29 responden. Berdasarkan data yag dikumpulkan dari penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa (1). Berdasarkan hasil validitas butir soal angket diperoleh data bahwa angket yang telah disusun oleh peneliti memenuhi kriteria valid atau layak untuk digunakan sebagai alat pengukuran data penelitian ini. (2) besar pengaruh tingkat pendidikan dengan kinerja pegawai di Kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli menunjukkan perhitungan hipotesis dengan Hasil uji t mempunyai pengaruh tingkat pendidikan dengan kinerja pegawai. Dari hasil dapat diketahui nilai t hitung = 5.014 dan nilai signifikan 0.009<0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. yang berarti mempunyai pengaruh tingkat pendidikan dengan kinerja pegawai di Kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Lahagu, P., Halawa, O. ., & Berkat Jaya Hulu, S. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(2), 719–725. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.270