Pengaruh E-Commerce dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stkip Nurul Huda

Authors

  • Vovi Sinta B. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Nurul Huda
  • Siti Afifah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Nurul Huda
  • Rafika Ramadhani Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.267

Keywords:

E-Commerce, Perilaku Konsumtif, Market Place

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa S1 prodi pendidikan ekonomi di STKIP Nurul Huda Sukaraja di OKU Timur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan teknik analisis jalur. Data penelitian diambil melalui kuisioner dengan jumlah populasi 32 mahasiswa serta sampel penelitian dengan penelitian populasi. Hipotesis awal penelitian ini beranggapan ada pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Hal tersebut mengindikasikan supaya mahasiswa mampu mengelola atau memanajemen keuangan yang ada sehingga mampu memprioritaskan kebutuhan.

References

Aco, Ambo, & Endang, Hutami. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1). https://doi.org/10.24252/insypro.v2i1.3246.

Apriadi, Deni, & Saputra, Arie Yandi. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.36.

Budiarta, Kustoro, Ginting, Sugianta Ovinus, & Simarmata, Janner. (2020). Ekonomi dan Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Fauzi, Aditya Ahmad, Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, Irma Maria, Pramuditha, Panji, Sudipa, I. Gede Iwan, & Kom, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Harahap, Dedy Ansari. (2018). Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/JRMSI.009.2.02.

Harmayani, Harmayani, Marpaung, Durahman, Hamzah, Amir, Mulyani, Neni, & Hutahaean, Jeperson. (2020). E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hismendi, Hismendi. (2016). E-Commerce: Model Interaksi Jual Beli (Studi Pada Pelaku Interaksi Jual Beli Melalui Internet). Ekonis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 39–48.

Kristiyono, Jokhanan. (2015). Budaya internet: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung penggunaan media di masyarakat. Scriptura, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30.

Patricia, Nesa Lydia, & Handayani, Sri. (2014). Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif pada pramugari maskapai penerbangan “X.” Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(1), 127078.

Romindo, Romindo, Niar, Hikma, Sipayung, Rosintan, Julyanthry, Julyanthry, Yendrianof, Devi, Pelu, Muhammad Faisal A. R., Febrianty, Febrianty, Jamaludin, Jamaludin, Ardiana, Dewa Putu Yudhi, & Simarmata, Janner. (2020). Sistem Informasi Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Stiawan, Deris. (2005). Sistem Keamanan Komputer. Elex Media Komputindo.

Sumadi, Mufti Istal Thofa Bhakti Nurroji, Putra, Raka, & Firmansyah, Amrie. (2022). Peran perkembangan teknologi pada profesi akuntan dalam menghadapi industri 4.0 dan society 5.0. Journal of Law, Administration, and Social Science, 2(1), 56–68. https://doi.org/10.54957/jolas.v2i1.162.

Susandi, Diki, & Sukisno, Sukisno. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 4, 5–8. https://doi.org/10.30656/jsii.v4i0.368

Wahyuningrum, Tenia, & Januarita, Dwi. (2014). Perancangan web e-commerce dengan metode Rapid Application Development (RAD) untuk produk unggulan desa. Semantik, 4(1), 81–88.

Widowati, Hari. (2019). Indonesia jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce tercepat di Dunia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Sinta B., V., Afifah, S. ., & Ramadhani, R. . (2023). Pengaruh E-Commerce dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stkip Nurul Huda. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(2), 669–676. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.267