Pengaruh E-Commerce dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stkip Nurul Huda
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.267Keywords:
E-Commerce, Perilaku Konsumtif, Market PlaceAbstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa S1 prodi pendidikan ekonomi di STKIP Nurul Huda Sukaraja di OKU Timur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan teknik analisis jalur. Data penelitian diambil melalui kuisioner dengan jumlah populasi 32 mahasiswa serta sampel penelitian dengan penelitian populasi. Hipotesis awal penelitian ini beranggapan ada pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Hal tersebut mengindikasikan supaya mahasiswa mampu mengelola atau memanajemen keuangan yang ada sehingga mampu memprioritaskan kebutuhan.
References
Aco, Ambo, & Endang, Hutami. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1). https://doi.org/10.24252/insypro.v2i1.3246.
Apriadi, Deni, & Saputra, Arie Yandi. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.36.
Budiarta, Kustoro, Ginting, Sugianta Ovinus, & Simarmata, Janner. (2020). Ekonomi dan Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Fauzi, Aditya Ahmad, Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, Irma Maria, Pramuditha, Panji, Sudipa, I. Gede Iwan, & Kom, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Harahap, Dedy Ansari. (2018). Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/JRMSI.009.2.02.
Harmayani, Harmayani, Marpaung, Durahman, Hamzah, Amir, Mulyani, Neni, & Hutahaean, Jeperson. (2020). E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hismendi, Hismendi. (2016). E-Commerce: Model Interaksi Jual Beli (Studi Pada Pelaku Interaksi Jual Beli Melalui Internet). Ekonis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 39–48.
Kristiyono, Jokhanan. (2015). Budaya internet: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung penggunaan media di masyarakat. Scriptura, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30.
Patricia, Nesa Lydia, & Handayani, Sri. (2014). Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif pada pramugari maskapai penerbangan “X.” Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(1), 127078.
Romindo, Romindo, Niar, Hikma, Sipayung, Rosintan, Julyanthry, Julyanthry, Yendrianof, Devi, Pelu, Muhammad Faisal A. R., Febrianty, Febrianty, Jamaludin, Jamaludin, Ardiana, Dewa Putu Yudhi, & Simarmata, Janner. (2020). Sistem Informasi Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Stiawan, Deris. (2005). Sistem Keamanan Komputer. Elex Media Komputindo.
Sumadi, Mufti Istal Thofa Bhakti Nurroji, Putra, Raka, & Firmansyah, Amrie. (2022). Peran perkembangan teknologi pada profesi akuntan dalam menghadapi industri 4.0 dan society 5.0. Journal of Law, Administration, and Social Science, 2(1), 56–68. https://doi.org/10.54957/jolas.v2i1.162.
Susandi, Diki, & Sukisno, Sukisno. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 4, 5–8. https://doi.org/10.30656/jsii.v4i0.368
Wahyuningrum, Tenia, & Januarita, Dwi. (2014). Perancangan web e-commerce dengan metode Rapid Application Development (RAD) untuk produk unggulan desa. Semantik, 4(1), 81–88.
Widowati, Hari. (2019). Indonesia jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce tercepat di Dunia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vovi Sinta B., Siti Afifah, Rafika Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.