Perancangan E-Government Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Menggunakan Metode Extreme Programming

Authors

  • Eka Tripustikasari Program Studi Sistem Informasi, Uninversitas Amikom Purwokerto
  • Abednego Dwi Septiadi Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Sarmini Sarmini Program Studi Sistem Informasi, Uninversitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.250

Keywords:

Perancangan, APBDes, E-Government, Extreme Programming, Diagram Usecase

Abstract

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) adalah peraturan desa yang memuat sumber-sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun. Dalam usaha mewujudkan good government, pemerintah mengupayakan teknologi informasi sebagai sarana untuk penyimpanan, pengolahan dan menyajikan informasi. E-Government merupakan upaya pemanfaatan dan pendayagunaan telematika untuk meningkatkan efisiensi dan cost-effective pemerintahan, memberikan berbagai jasa pelayanan kepada masyarakat secara lebih baik, menyediakan akses informasi kepada publik secara lebih luas, dan menjadikan penyelenggaraan pemerintahan lebih bertanggung jawab (accountable) serta transparan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang e-government pengelolaan APBDes dengan menggunakan Extreme Programming sebagai metodologi pengembangan perangkat lunak yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dan tanggap terhadap perubahan kebutuhan pelanggan. Hasil penelitian yang dilakukan adalah berupa rancangan e-government pengelolaan APBDes berupa diagram usecase, diagram aktivitas, dan diagram urutan. Dengan adanya rancangan e-government APBDes ini diharapkan APBDes dapat dikelola dengan baik dan terbuka atau transparan, serta mempermudah proses pelaporan sehingga masyarakat dapat  mengetahui secara jelas pengelolaan dan penggunaan APBDes dan masyarakat mampu menjalankan fungsinya dengan baik sebagai pengawas pengelolaan dan penggunaan APBDes.

References

Dennis, A., Wixom, B. H., & Tegarden, D. (2009). Systems analysis and design UML Version 2.0. United States of America: Wiley Hoboken.

Ependi, U., & Qoriani, W. (2014). Extreme Programming Study Method Case Study on Designing of Accounting Term Dictionary. International Conference on Engineering & Technology Development 2014, 52–55.

Fadhlurrahman, R., Saputra, M. C., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Penerapan E-government Di Pemerintah Kota Batu Menggunakan Kerangka Kerja Pemeringkatan E-government Indonesia ( PeGI ). 2(12), 5977–5982.

Indrajit, R. E. (2004). Electronic Government – Strategi Pembangunan dan Pengembengan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Andi Offset.

Nugroho, K. (2015). Perancangan Sistem E-Government Untuk Memperkenalkan Potensi Daerah dan Investasi Kabupaten Rembang. INFOKAM, 11(1), 19–27.

TENTANG PERATURAN PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA, (2014).

Prabowo, S. A., Shodiq, & Muqtadiroh, F. A. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Web Informasi Eksekutif Pada Pemerintah Kabupaten XYZ. Teknik Pomits, 2(3), 476–480.

Pressman, R. S. (2010). Software engineering?: a practitioner’s approach (Seventh). The McGraw – Hill Companies.

Rahmi, R., Sari, R. P., & Suhatman, R. (2016). Pendekatan Metodologi Extreme Programming Pada Aplikasi E-Commerce (Studi Kasus Sistem Informasi Penjualan Alat-Alat Telekomunikasi). Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 83–92.

Satriya, E. (2006). Pentingnya Revitalisasi e-Government di Indonesia. Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Untuk Indonesia.

Undang-Undang No. 6 Tentang Desa, Pub. L. No. 6 (2014).

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Tripustikasari, E., Dwi Septiadi, A. ., & Sarmini, S. (2023). Perancangan E-Government Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Menggunakan Metode Extreme Programming. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(2), 618–634. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.250