Pengaruh Konseling terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Vaksinasi Covid 19 Diwilayah Kerja Puskesmas Lolo Kabupaten Paser
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.247Keywords:
Konseling, Pengetahuan, Vaksin Covid 19, Ibu HamilAbstract
Covid 19 yang melanda dunia sejak tahun 2019 banyak menelan korban dari orang tua sampai anak-anak dan salah satu cara pencegahannya adalah dengan vaksin covid 19. Ibu hamil merupkan kelompok yang rentan terpapar virus Covid 19 sehingga membutuhkan vaksin tetapi masih banyak ibu hamil yang menolak divaksin karena takut dan merasa tidak aman bagi kesehatan dirinya dan bayinya, hal ini karena kurangnya pengetahuan. Oleh karena itu perlu adanya konseling terhadap ibu hamil agar ibu hamil meningkat pengetahuannya. Jenis penelitian adalah quasi eksperimental dengan rancangan one group pretest – posttest design dengan jumlah sampel 48 ibu hamil yang dipilih menggunakan consecutive sampling. Alat ukur kuesioner. Analisa data menggunakan uji marginal homogenity. Pengetahuan ibu hamil mengenai vaksinasi covid 19 sebelum diberikan konseling sebagian besar pengetahuannya cukup yaitu 27 orang (58,3%). Pengetahuan ibu hamil mengenai vaksinasi covid 19 sesudah diberikan konseling pengetahuannya meningkat menjadi baik yaitu 43 orang (89,6%). Ada pengaruh konseling terhadap pengetahuan ibu hamil mengenai vaksinasi covid 19 di Wilayah Kerja Puskesmas Lolo Kabupaten Paser dengan nilai p value 0,000. Ibu hamil tidak bersedia divaksin karena banyak yang tidak mengetahui vaksin covid 19 dan perlu diberikan konseling tentang vaksin covid 19 agar ibu memahami dengan benar tentang vaksin covid 19 dan hal ini terbukti dengan peningkatan pengetahuan vaksin covid 19 setelah diberikan konseling. Konseling covid 19 dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang vaksin covid 19 dan akan merubah pemahaman ibu yang tidak benar tentang vaksin covid 19.
References
Data Puskesmas Lolo. (2021). Data Puskesmas Lolo Tahun 2021.
Ema, Encik Putri, Utama, Tuti anggriani, & Susilawati, Desi. (2021). Edukasi Self Care Pasca Vaksinasi Pada Kelompok Lansia Di Taba Penanjung Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada …, 2(2), 1–11.
Erlinawati, Erlinawati, & Parmin, Joria. (2020). Pendidikan Kesehatan Pada Ibu Hamil Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Di Puskesmas Kuok. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 505–510. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1243
Garry, Lourdes, Seran, Wijaya, Sarjana, Prodi, Kebidanan, Terapan, Kebidanan, Jurusan, Kesehatan, Politeknik, & Kesehatan, Kementerian. (2022). Pengaruh Edukasi Vaksinasi Covid-19 Melalui Video Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil di Puskesmas Naioni Kota Kupang.
Halimatusa’Diyah. (2021). Peran Keluarga Dalam Efektifitas Pembelajaran Online Siswa SMAN 1 Kibin Pada Masa Pandemi Covid-19. Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, 5(1), 21–35.
Harahap, S. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 11(1), 45–53.
Hastuti, Safrina Widya. (2022). Gambaran Persepsi Masyarakat Terhadap Penerimaan Vaksin COVID- 19 pada Masyarakat Dusun Pattiro Desa Labuaja Kab. Maros. Skripsi Thesis, Universitas Hasanuddin.
Kemenkes. (2021). Program Vaksinasi Covid-2019.
Kemenkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020. Pedoman pembatasan sosial berskala besar dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 (covid-19). Jakarta.
Kusuma D, Agita, & Wijayanti, Yuni. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covis-19 Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 1(1), 101–113.
Ma’munah, Malikatul. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Booklet terhadap Pengetahuan Nutrisi Ibu Laktasi di Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat Timur. Keperawatan, 1–127.
Makmun & Hazhiyah. (2020). Tinjauan Terkait Pengembangan Vaksin Covid-19. Molucca Medica, 52–59.
Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Notoatmodjo. (2017). Metodologi Penelitian Kesehatan (III). Jakarta: rineka cipta.
Novianti Djunaedi, Jihan, Listyandini, Rahma, & Asnifatima, Andi. (2022). Gambaran Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Cikuray Desa Cibeber I Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Tahun 2021. Promotor, 5(2), 165. https://doi.org/10.32832/pro.v5i2.6151
Nurhasanah, Ifa. (2021). Pelayanan Imunisasi Di Masa Pandemi Covid-19: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(1), 104. https://doi.org/10.26751/jikk.v12i1.899
POGI. (2020). Rekomendasi penanganan infeksi virus corona (Covid-19) pada maternal (hamil, bersalin, dan nifas). Jakarta: Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia, Pokja Infeksi Saluran Reproduksi.
Pramana & Maulana. (2021). Pendidikan Kesehatan Berbasis Keluarga Terhadap Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Vaksin Covid-19. Clinics in Geriatric Medicine, 37(4), 509–522. https://doi.org/10.1016/j.cger.2021.05.001
Purnamasari, Vivien Dwi, & Efendi, Fazal. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Covid-19 Dengan Menggunakan Leaflet Pada Pasien Rawat Jalan Di UPTD Puskesmas Pare Kabupaten Kediri 2021. Pena Medika Jurnal Kesehatan, 11(1), 89. https://doi.org/10.31941/pmjk.v11i1.1423
Sukmasih. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Kesediaan Vaksinasi Covid-19 Pada Warga Kelurahan Dukuh Menanggal Kota Surabaya.
Tineke et al. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Pencegahan Covid-19. 7(3), 1–7.
WHO et al. (2021). Survei Penerimaan Vaksin COVID-19 di Indonesia.
Wibowo et al. (2021). Studi Tentang Pengetahuan, Sikap, Kecemasan & Persepsi Kebutuhan Layanan Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19 di Kab. Banyumas. 128–138.
Yuningsih, R. (2020). Uji Klinik Coronavac dan Rencana Vaksinasi Covid- 19 Massal di Indonesia. Bidang Kesejahteraan Sosial.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arinah, D.P Era, Damai Noviasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.