Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu di SMAN 2 Tanggul

Authors

  • Budi Muttaqin SMAN 2 Tanggul

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.245

Keywords:

Model Kepemimpinan, Budaya Mutu, Guru

Abstract

Kurangnya kepedulian guru dan peserta didik untuk memahami secara holistik pemaknaan dari budaya mutu sekolah membuat hilangnya nilai-nilai yang harus dipahami, dijiwai, dan dipraktekkan bersama oleh semua individu atau kelompok yang terlibat. Dalam proses pengembangan budaya mutu tersebut membutuhkan model kepemimpinan kepala sekolah yang tegas, berintegritas dan berkualitas agar budaya mutu yang telah ada dapat diaktualisasikan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi model kepeminan kepla sekolah dalam mengembangkan budaya mutu di SMAN 2 Tanggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data primer didapatkan dari informasi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf, dan siswa. Kemudian data sekunder diperoleh dari arsip dan dokumen dari data-data dari SMAN 2 Tanggul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyuluhan partisipasi, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyebutkan terdapat empat model kepemimpinan kepala SMAN 2 Tangul, yaitu model kepemimpinan dengan meningkatkan kualitas sumberdaya guru, model kepemimpinan meningkatkan kedisiplinan, model kepemimpinan dengan mengembangkan kualitas aakdemik dan non-akademik peserta didik, dan model kepemimpinan transformasi program digitalisasi sekolah.

References

Almeida, F., Duarte Santos, J., & Augusto Monteiro, J. (2020). The Challenges and Opportunities in the Digitalization of Companies in a Post-COVID-19 World. IEEE Engineering Management Review, 48(3).

Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Blake, R., & Mouton, J. (1985). The Managerial Grid III. Houston: Gulf.

Brahmasari, Ida Ayu, & Suprayetno, Agus. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(2).

Burns, J. .. (1978). Leadership. New York: Harper and Row.

Daryanto. (2011). Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djunaini. (2017). The Principal’s Leadership in Improving Teacher Performance. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1), 89–118.

Ekowati, E. R. (2020). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Smk Muhammadiyah Se-Kabupaten Magelang. 1–122.

Fiedler, F. .. (1967). A Theory of Leadership Effectiveness. New York: McGraw-Hill.

Fitriati, R., Romdana, R., & Rosyidi, U. (2014). The Practice of the School Principal?s Leadership in Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL): The Study of Leadership Styles and Techniques with Cognitive Mapping Approach. Procedia: Social and Behavioral Sciences.

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73.

Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2013). Educational Administration, Theory, Research and Practice 9th Edition. New Jersey: McGraw Hill Inc.

Ivancevich, J., Konopaske, R., & Matterson, M. (2006). Organizational Behavior and Management 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Mahara, R., Harun, & Usman, N. (2017). Gaya Kepemimpinn Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada MAN Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(1), 1–9.

Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muspawi, M., Setiyadi, & Gunawan, G. (2020). Upaya Kepala Sekolah Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 95–103.

Rahmatullah, & Hidayat, Wahyu. (2021). PERAN PENGELOLAAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMPN 2 PAREPARE. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180.

Rivai, Veithzal, Hadad, Muliaman, & Ramly, Mansyur. (2017). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Press.

Riyanta, Teguh. (2016). Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah Melalui Kepemimpinan Transformasional Developing School Quality Culture Through Transformational Leadership. Manejemen Pendidikan, 12(2), 37–48.

Robbins, Stephen P. (1995). Organiztional Behavior. Mexico: Prenticel Hall.

Robbins, Stephen P. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Said, Akhmad. (2015). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELESTARIKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH. UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, Muhammad Sobri. (2018). Pemimpin dan Kepemimpinan: Tips Praktis Untuk Menjadi Pemimpin Yang Diidolakan. Lombok: Holistica.

Yilmaz, E. (2010). The analysis of organizational creativity in schools regarding principals? ethical leadership characteristics. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3949–3953.

Yoto. (2019). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Menengah Kejuruan. Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang .MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH.

Zazin, Nur. (2014). Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Muttaqin, B. (2023). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu di SMAN 2 Tanggul. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(2), 569–582. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.245