Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu di SMAN 2 Tanggul
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.245Keywords:
Model Kepemimpinan, Budaya Mutu, GuruAbstract
Kurangnya kepedulian guru dan peserta didik untuk memahami secara holistik pemaknaan dari budaya mutu sekolah membuat hilangnya nilai-nilai yang harus dipahami, dijiwai, dan dipraktekkan bersama oleh semua individu atau kelompok yang terlibat. Dalam proses pengembangan budaya mutu tersebut membutuhkan model kepemimpinan kepala sekolah yang tegas, berintegritas dan berkualitas agar budaya mutu yang telah ada dapat diaktualisasikan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi model kepeminan kepla sekolah dalam mengembangkan budaya mutu di SMAN 2 Tanggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data primer didapatkan dari informasi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf, dan siswa. Kemudian data sekunder diperoleh dari arsip dan dokumen dari data-data dari SMAN 2 Tanggul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyuluhan partisipasi, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyebutkan terdapat empat model kepemimpinan kepala SMAN 2 Tangul, yaitu model kepemimpinan dengan meningkatkan kualitas sumberdaya guru, model kepemimpinan meningkatkan kedisiplinan, model kepemimpinan dengan mengembangkan kualitas aakdemik dan non-akademik peserta didik, dan model kepemimpinan transformasi program digitalisasi sekolah.
References
Almeida, F., Duarte Santos, J., & Augusto Monteiro, J. (2020). The Challenges and Opportunities in the Digitalization of Companies in a Post-COVID-19 World. IEEE Engineering Management Review, 48(3).
Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Blake, R., & Mouton, J. (1985). The Managerial Grid III. Houston: Gulf.
Brahmasari, Ida Ayu, & Suprayetno, Agus. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(2).
Burns, J. .. (1978). Leadership. New York: Harper and Row.
Daryanto. (2011). Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djunaini. (2017). The Principal’s Leadership in Improving Teacher Performance. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1), 89–118.
Ekowati, E. R. (2020). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Smk Muhammadiyah Se-Kabupaten Magelang. 1–122.
Fiedler, F. .. (1967). A Theory of Leadership Effectiveness. New York: McGraw-Hill.
Fitriati, R., Romdana, R., & Rosyidi, U. (2014). The Practice of the School Principal?s Leadership in Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL): The Study of Leadership Styles and Techniques with Cognitive Mapping Approach. Procedia: Social and Behavioral Sciences.
Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2013). Educational Administration, Theory, Research and Practice 9th Edition. New Jersey: McGraw Hill Inc.
Ivancevich, J., Konopaske, R., & Matterson, M. (2006). Organizational Behavior and Management 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Mahara, R., Harun, & Usman, N. (2017). Gaya Kepemimpinn Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada MAN Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(1), 1–9.
Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN Maliki Press.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muspawi, M., Setiyadi, & Gunawan, G. (2020). Upaya Kepala Sekolah Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 95–103.
Rahmatullah, & Hidayat, Wahyu. (2021). PERAN PENGELOLAAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMPN 2 PAREPARE. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180.
Rivai, Veithzal, Hadad, Muliaman, & Ramly, Mansyur. (2017). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Press.
Riyanta, Teguh. (2016). Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah Melalui Kepemimpinan Transformasional Developing School Quality Culture Through Transformational Leadership. Manejemen Pendidikan, 12(2), 37–48.
Robbins, Stephen P. (1995). Organiztional Behavior. Mexico: Prenticel Hall.
Robbins, Stephen P. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Said, Akhmad. (2015). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELESTARIKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH. UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutikno, Muhammad Sobri. (2018). Pemimpin dan Kepemimpinan: Tips Praktis Untuk Menjadi Pemimpin Yang Diidolakan. Lombok: Holistica.
Yilmaz, E. (2010). The analysis of organizational creativity in schools regarding principals? ethical leadership characteristics. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3949–3953.
Yoto. (2019). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Menengah Kejuruan. Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang .MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH.
Zazin, Nur. (2014). Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Budi Muttaqin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.