Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Erika Amalia Institut Pesantren KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.242

Keywords:

Model Multiliterasi, Pembelajaran, PAI

Abstract

Bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis pelaksanaan Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto, 2) Untuk menganalisis implikasi Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto. Masalah 1. Bagaimana implementasi Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto ? 2. Bagimana implikasi Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto ? Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto, yaitu 1) Perencanaan model multiliterasi dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto diantaranya: Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dan Pengembangan muatan model multiliterasi 2) Pelaksanaan Model multiliterasi dalam pembelajaran PAI di SDN Rejosari Kabupaten Mojokerto diantaranya: Alokasi waktu pembelajaran 3 jam dengan mensisipkan literasi, Teknik pembelajaran bervariasi, dan 3) Evaluasi model multiliterasi dalam pembelajaran PAI: Tes sikap literasi, Tes tulis dan Tes psikomotorik. Dan Implikasi Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto, yaitu 1) Menambah wawasan baru, 2) Pembelajaran lebih menyenangkan, 3) Interaksi anatar siswa lebih aktif, dan 4) Terjadi peningkatan prestasi akademik siswa.

References

Abdul, Majid. (2009). Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda.

Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2015). Panduan penilaian untuk sekolah menengah atas. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Faizah, Dewi Utama, Sufyadi, Susanti, Anggraini, Lanny, Waluyo, Waluyo, Dewayani, Sofie, Muldian, Wien, & Roosaria, Renya. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Amir. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Rekontruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Nazir, Moh. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ning, Gutini. (2016). Budaya Literasi. Yogyakarta: Deep publish.

Ogle, Mackee. (2016). Multiliterasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2015). Metode-metode Pembelajaran: Mengembangkan. Profesionalisme Guru.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyanta. (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Idea Press.

Ulum, Amirul. (2016). Membumikan gerakan literasi di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Nun.

Untari, Esti. (2017). Pentingnya pembelajaran multiliterasi untuk mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam mempersiapkan diri menghadapi kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16–22. https://doi.org/10.17977/um035v25i12017p016.

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Amalia, E. (2023). Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(2), 540–559. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i2.242