Analisis Kesalahan Kemampuan Spasial Siswa Smp Ditinjau dari Gaya Kognitif Menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.234Keywords:
Gaya kognitif, Field independent, Field dependent, Pembelajaran matematika realistik, Kemampuan spasialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Namo Rambe yang memiliki Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent dalam menyelesaikan soal, Mengetahui respon siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Namo Rambe Terhadap Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini didesain Study Case Control dan dilaksanakan pada semester genap T.A. 2021/2022. Siswa diberikan pembelajaran matematika realistik dan kemudian diberikan tes kemampuan spasial. Dari hasil tes gaya kognitif diatas dapat dilihat bahwa 10 orang siswa bergaya kognitif field dependent dan 6 orang siswa bergaya kognitif field independent. Dilakukan juga tes kemampuan spasial siswa yang bergaya kognitif field dependent dengan field independent. Dari 6 siswa yang memiliki gaya kognitif independen, 3 siswa kategori kemampuan spasial ahli, 2 siswa Kategori kemampuan spasial diatas rata-rata, 1 siswa kategori kemampuan spasial rata-rata, dan 1 siswa kategori kemampuan spasial sangat rendah. Selain itu dari 10 orang siswa bergaya kognitif field dependent, 7 orang berkategori kemampuan spasial sangat rendah, 1 orang kategori dibawah rata-rata, dan 1 orang berkategori rata-rata. Dari Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang bergaya kognitif field independent memiliki kemampuan spasial yang tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Respon siswa dalam pembelajaran matematika realistik juga cukup baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jemi Ari Mula Tua Sinurat, Muhammad Amin Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.