Analisis Kesalahan Kemampuan Spasial Siswa Smp Ditinjau dari Gaya Kognitif Menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik

Authors

  • Jemi Ari Mula Tua Sinurat Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.234

Keywords:

Gaya kognitif, Field independent, Field dependent, Pembelajaran matematika realistik, Kemampuan spasial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Namo Rambe yang memiliki Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent dalam menyelesaikan soal, Mengetahui respon siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Namo Rambe Terhadap Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini didesain Study Case Control dan dilaksanakan pada semester genap T.A. 2021/2022. Siswa diberikan pembelajaran matematika realistik dan kemudian diberikan tes kemampuan spasial. Dari hasil tes gaya kognitif diatas dapat dilihat bahwa 10 orang siswa bergaya kognitif field dependent dan 6 orang siswa bergaya kognitif field independent. Dilakukan juga tes kemampuan spasial siswa yang bergaya kognitif field dependent dengan field independent. Dari 6 siswa yang memiliki gaya kognitif independen, 3 siswa kategori kemampuan spasial ahli, 2 siswa Kategori kemampuan spasial diatas rata-rata, 1 siswa kategori kemampuan spasial rata-rata, dan 1 siswa kategori kemampuan spasial sangat rendah. Selain itu dari 10 orang siswa bergaya kognitif field dependent, 7 orang berkategori kemampuan spasial sangat rendah, 1 orang kategori dibawah rata-rata, dan 1 orang berkategori rata-rata. Dari Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang bergaya kognitif field independent memiliki kemampuan spasial yang tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Respon siswa dalam pembelajaran matematika realistik juga cukup baik.

 

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Ari Mula Tua Sinurat, J., & Amin Fauzi, M. (2023). Analisis Kesalahan Kemampuan Spasial Siswa Smp Ditinjau dari Gaya Kognitif Menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(5), 1410–1417. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.234