Penerapan Model Pembelajaran Team Game Turnament Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas Viii pada Mata Pelajaran Ips
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.227Keywords:
Aktivitas Belajar, IPS, Team Game Turnament (TGT)Abstract
Aktivitas belajar peserta didik SMP Negeri 21 Pontianak tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: proses pembelajaran yang masih berorientasi pada guru, peserta didik kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran, guru belum menerapkan model dan teknik pembelajaran yang bervariasi, guru kurang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya perbaikan dalam pembelajaran IPS salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Team Game Turnament (TGT). Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik Kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII B SMP negeri 21 Pontianak sejumlah 34 peserta didik. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, dalam satu siklus terdapat satu kali pertemuan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptip persentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika hasil observasi aktivitas belajar peserta didik di akhir siklus memperoleh hasil minimal baik (75% - 91%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) dalam pembelajaran IPS mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas pembelajaran peserta didik pada siklus I persentase aktivitas belajar peserta didik sebesar 81%. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik menjadi 84%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus II dengan selisih peningkatan sebesar 4%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sutrisno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.