Implementasi Pendidikan Tasawuf di Pondok Pesantren Baiturrohmah Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.225Keywords:
Implementasi, Pendidikan, Sufisme, Pondok PesantrenAbstract
Implementasi pendidikan sufisme di pondok pesantren Baiturrohmah kota Malang ini merupakan jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dengan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pendidikan sufisme minimal dilaksanakan seminggu dan maksimal enam minggu yang mencakup tiga komponen pendidikan. Antara guru mursyid dan murid terjadi interaksi proses transformasi internalisasi pengetahuan dan nilai-nilai tentang sufisme melalui thariqah Annaqsabandiyah al-Kholdiyah al-‘Aliyah. Pondok pesantren Baiturrohmah termasuk menjalankan pendidikan perspektif Islam dalam proses pendidikannya menjalankan ibadah wajib tanpa meninggalkan yang sunnah.. (2) Nilai-nilai yang Terdapat pada Pendidikan Sufisme di Pondok pesantren Baiturrohmah Kota Malang dapat ditemukan dalam tujuan untuk memanusiakan manusia, yaitu dimulai dari ilmu fil qolbi, sehingga akan mempengaruhi akhlak seseorang. Nilai-nilai sufisme diterapkan melalui metode baiat, khalwat, wasilah, dan zuhud dapat dijelaskan menjadi beberapa bagian, antara lain a) Akhlaki, b) Amali, dan c) Falsafi. (3) Pelaksanaan pendidikan nilai sufisme di pondok pesantren Baiturrohmah kota Malang diterapkan dalam bentuk a) Baiat, b) Khalwat, c) Wasilah, dan d) Zuhud. Implementasi tersebut dapat dilihat berdasarkan tiga kelompok variabel: Logika kebijakan, lingkungan pendidikan, dan kemampuan implementor. Pada intinya antara guru mursyid, santri, dan lingkungan harus saling terkait dengan baik agar tercapai tujuan dari visi misi pendidikan sufisme di pondok pesantren Baiturrohmah kota Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Adam Ilhami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.