Pengaruh Edukasi Dismenore Menggunakan Video terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Remaja Putri di Smp Negeri 3 Tanah Grogot
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.221Keywords:
Kesehatan, Pengetahuan, Sikap DismenoreAbstract
Pada umumnya wanita merasakan keluhan berupa nyeri atau kram perut menjelang haid yang dapat berlangsung hingga 2-3 hari sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuatnya harus istirahat bahkan terpaksa absen. Tetapi masih banyak yang tidak mengetahui cara penanganan dismenore sehingga perlu ada edukasi kesehatan menggunakan video. Mengetahui edukasi dismenore menggunakan video terhadap pengetahuan dan sikap tentang penanganan dismenore. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest - posttest. Populasi seluruh Remaja Putri di SMP Negeri 3 Tanah Grogot tahun 2022 siswi kelas 7 dan kelas 8 sebanyak 44 siswi dengan tekniok total sampling sebnayak 44 siswa. Alat ukur kuesioner. Analisa data uji Marginal Homogenity dan Mc Nemar. Pengetahuan sebelum diberikan edukasi dismenore menggunakan video sebagian besar kurang dan sesudah intervensi sebagian besar meningkat menjadi baik. Sikap sebelum diberikan edukasi dismenore menggunakan video sebagian besar negatif dan setelah diintervensi sebagian besar meningkat menjadi positif. Ada pengaruh edukasi dismenore menggunakan video terhadap pengetahuan pada Remaja Putri di SMP Negeri 3 Tanah Grogot dengan nilai p value 0,000. Ada pengaruh edukasi dismenore menggunakan video terhadap sikap pada Remaja Putri di SMP Negeri 3 Tanah Grogot dengan nilai p value 0,000. Edukasi yang diberikan menggunakan video dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang dismenore karena pemberian informasi mengenai dismenore sangat penting meningkatkan pengetahuan dan sikap karena video mempermudah penyampaian informasi serta memudahkan mengingat materi yang diberikan. Pengetahuan dan sikap tentang dismenore meningkat setelah diberikan edukasi dismenore menggunakan video.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Patnawati, Nilam Noorma, Heni Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.