Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Construct 2
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.202Keywords:
Pemecahan masalah matematika, Problem Based Learning, Penelitian tindakan kelas, Construct 2Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran Construct 2 di kelas IX-1 SMPN 8 Percut Sei Tuan pada materi Transformasi Geometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas IX-1 SMPN 8 Percut Sei Tuan. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur dan mengamati kegiatan yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah 22,21 termasuk kategori kemampuan Sangat Kurang. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 13,33%. Pada siklus I, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah 63,89 termasuk kategori kemampuan Cukup. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 42,86%. Pada siklus II, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah 83,73 termasuk kategori kemampuan Baik. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 85,71%. Selain itu, proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media pembelajaran Construct 2 juga mengalami peningkatan. Dari hasil observasi, diperoleh bahwa nilai rata-rata proses pembelajaran siklus I ialah 2,79 termasuk kategori Baik, dan nilai rata-rata proses pembelajaran siklus II ialah 3,46 termasuk kategori Sangat Baik. Dengan adanya peningkatan tersebut, disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model problem based learning berbantuan media pembelajaran Construct 2 maka terjadi peningkatan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI-1 di SMPN 8 Percut Sei Tuan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Arya Ihsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.