Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Construct 2

Authors

  • Muhammad Arya Ihsan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.202

Keywords:

Pemecahan masalah matematika, Problem Based Learning, Penelitian tindakan kelas, Construct 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran Construct 2 di kelas IX-1 SMPN 8 Percut Sei Tuan pada materi Transformasi Geometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas IX-1 SMPN 8 Percut Sei Tuan. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur dan mengamati kegiatan yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah 22,21 termasuk kategori kemampuan Sangat Kurang. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 13,33%. Pada siklus I, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah 63,89 termasuk kategori kemampuan Cukup. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 42,86%. Pada siklus II, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah 83,73 termasuk kategori kemampuan Baik. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 85,71%. Selain itu, proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media pembelajaran Construct 2 juga mengalami peningkatan. Dari hasil observasi, diperoleh bahwa nilai rata-rata proses pembelajaran siklus I ialah 2,79 termasuk kategori Baik, dan nilai rata-rata proses pembelajaran siklus II ialah 3,46 termasuk kategori Sangat Baik. Dengan adanya peningkatan tersebut, disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model problem based learning berbantuan media pembelajaran Construct 2 maka terjadi peningkatan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI-1 di SMPN 8 Percut Sei Tuan.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Arya Ihsan, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Construct 2. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(1), 202–219. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.202