Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Permainan Playbox
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.199Keywords:
Anak-anak, Motorik Halus, Bermain, PlayboxAbstract
Pada usia 3-6 tahun tumbuh kembang anak perlu diperhatikan agar dapat berkembang secara optimal untuk bekal di masa mendatang, salah satunya pada aspek perkembangan motorik halusnya. Namun masih terdapat data bahwa anak dengan usia 3-6 tahun mengalami keterlambatan atau gangguan perkembagnan motorik halus, sebab kurangnya stimulasi yang diberikan kepada anak. Penelitian ini dibuat guna untuk memberikan stimulasi pada anak usia 3-6 tahun dengan stimulus bermain, dan apakah media bermain bernama Playbox yang digunakan dapat berpengaruh dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 3-6 tahun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jumlah partisipan sebanyak 10 orang dengan metode eksperimen. Alat ukur yang digunakan yaitu dengan menggunakan skala Fine Motor Scale of the Peabody Developmental Motor Scales–second edition untuk mengukur perkembangan motorik halus anak yang dikembangkan oleh Fewell & Folio (2000) dan item penyusunnya berdasarkan Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2014 yang disusun dalam pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan teknis analisi Uji Wilcoxon dengan program SPSS.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai (?) dari hasil post-test dan pre-test pada anak usia 3-6 tahun sebesar 0,005 dimana nilai signifikansi ? < 0,05 dengan kecenderungan pengaruh terletak pada anak usia 3-4 tahun dengan nilai (?) sebesar 0,017. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari permainan Playbox terhadap motorik halus anak usia 3-6 tahun dengan kecenderungan pengaruh secara signifikan mengarah perkembangan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Cahyaning Hayyu, Dewi Retno Suminar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.