Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.189Keywords:
Probing Prompting, Discovery Learning, Hasil Belajar, Perbandingan, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbandingan penerapan model pembelajaran Probing Prompting dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Dari populasi sebanyak 9 kelas diambil sampel sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dimana tes yang diujikan dilakukan uji validitas ahli dan uji validitas empiris. Reliabilitas instrument menggunakan teknik alpha cronbach. Uji hipotesis menggunakan uji-t yang sebelumnya dilakukan uji normalistas dan homogenitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting yaitu 80,97 dan rata-rata hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Disovery Learning yaitu 75. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung= 2,026 > ttabel = t((0,05:60))=1,671 maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pemebelajaran Discovery Learning.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Johanes Lumi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.