Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Tingkat Kreativitas Peserta Didik

Authors

  • Maria Yosefa Lentrisna IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Kartini Rahman Nisa IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Yulimira Syafriati Y. M. Sani IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Febriyanti IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Falentinus Pio IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.183

Keywords:

video, tingkat kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap tingkat kreativitas peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 yang berjumlah 35 orang dan X IPA 2 yang berjumlah 32 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non probability sampling, khususnya teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode Desain Static Group Comparison. Setelah data berdistribusi normal dan homogen, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan didapat thitung>ttabel (19,63>2,01) yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap tingkat kreativitas peserta didik.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Yosefa Lentrisna, M., Rahman Nisa, K. ., Syafriati Y. M. Sani, Y., Febriyanti, F., & Pio, F. . (2023). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Tingkat Kreativitas Peserta Didik. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(1), 53–64. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.183