Upaya Meningkatkan Skill Komunikasi Siswa Kelas Ix-E Mts Negeri 2 Demak Melalui Layanan Group Conseling Dengan Strategi Simulasi Pada Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.181Keywords:
Kemampuan Berkomunikasi, Strategi Simulasi, Layanan GrupAbstract
Penelitian ini bertujuan menganilsa hasil penerapan dari strategi simulasi melalui layanan group dalam upaya meningkatkan skill komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, terbagi menjadi 3 (tiga) Siklus. peningkatan kemampuan berkomunikasi antar pribadi siswa setelah mendapatkan treatment dihitung dengan rumus rumus change in frequence from base rate to post rate adalah sebagai berikut; pada siklus I didapatkan hasil sebesar 11,64, kemudian meningkat sebesar 71,13% pada Siklus II menjadi 19,92. Dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 58,43% menjadi 31,56. Dengan demikian penerapan strategi simulasi melalui layanan group telah meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar pribadi dengan taraf prosentase peningkatan 50% dari masing-masing siklus. Adapun kesadaran para siswa dalam mengikuti proses belajar dan kreativitas dari para pengajar perlu ditingkatkan lagi agar dapat menghasilkan siswa yang berprestasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maskan Maskan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.