Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tik Materi Mengenal Internet Dengan Metode Flipped Classroom Menggunakan Media Gadget Pada Siswa Kelas Ix-D Mts Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Mahfudhi Mahfudhi MTs Negeri 2 Demak

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.180

Keywords:

Pelajaran TIK, Flipped Classroom, Mengenal Internet, Gadget

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganilsa hasil penerapan metode Flipped Classroon menggunakan media Gadget dalam upaya meningkatkan hasil belajar TIK materi mengenal Internet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, terbagi menjadi 2 (dua) Siklus. Nilai rata-rata nilai TIK  mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 70,00 dengan rata-rata persentase ketuntasan 38%, dan siklus II sebesar 86,67 dengan rata-rata persentase ketuntasan 100%. Dengan demikian penerapan metode Flipped Classroom  telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa juga meningkatkan keaktivan siswa dalam proses belajar. Adapun kesadaran para siswa dalam mengikuti proses belajar dan kreativitas dari para pengajar serta dukungan dari berbagai pihak perlu ditingkatkan lagi agar dapat menghasilkan siswa yang berprestasi.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Mahfudhi, M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tik Materi Mengenal Internet Dengan Metode Flipped Classroom Menggunakan Media Gadget Pada Siswa Kelas Ix-D Mts Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(1), 28–35. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.180