Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Ragam Hias Mata Pelajaran Seni Budaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa VII E MTs Negeri 1 Demak Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.173Keywords:
Aktivitas Belajar, Metode Demonstrasi, Pelajaran Seni BudayaAbstract
Penelitian ini bertujuan menganilsa hasil dari penerapan metode demonstrasi dalam pelajaran seni budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, terbagi menjadi 2 (dua) Siklus. Nilai yang diperoleh siswa meningkat setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Peningkatan aktivitas belajar pada siklus I dan II sangat tinggi yaitu dari 73.24% menjadi 87.3% sehinga naik 14.06%. Indikator pencapaian aktivitas belajar 75% telah terlampaui yaitu 87.3%. Peningkatan hasil belajar pengetahuan dan ketrampilan Siklus I dan II telah melampaui standart Ketuntasan Minimal (KKM) 76 yaitu dari rata 72.84 menjadi 84.28, sehingga naik 11.45%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 40.10%. artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa materi menggambar ragam hias dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi dari rata-rata prosentase hasil belajar 51.50% menjadi 91.60% sehingga hasil belajarnya melampaui indikator ketuntasan klasikal 75%. Dengan demikian model pembelajaran demonstrasi dapat menjadi upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar menggambar ragam hias mata pelajaran seni budaya dengan kenaikan aktivitas belajar 14.06% dan hasil belajar 40.10%.Adapun kesadaran para siswa dalam mengikuti proses belajar dan kreativitas dari para pengajar perlu ditingkatkan lagi agar dapat menghasilkan siswa yang berprestasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suraningsih Suraningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.