Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Ragam Hias Mata Pelajaran Seni Budaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa VII E MTs Negeri 1 Demak Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Suraningsih Suraningsih MTs Negeri 1 Demak

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.173

Keywords:

Aktivitas Belajar, Metode Demonstrasi, Pelajaran Seni Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganilsa hasil dari penerapan metode demonstrasi dalam pelajaran seni budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, terbagi menjadi 2 (dua) Siklus. Nilai yang diperoleh siswa meningkat setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Peningkatan aktivitas belajar pada siklus I dan II sangat tinggi yaitu dari 73.24% menjadi 87.3% sehinga naik 14.06%. Indikator pencapaian aktivitas belajar 75% telah terlampaui yaitu 87.3%. Peningkatan hasil belajar pengetahuan dan ketrampilan Siklus I dan II telah melampaui standart Ketuntasan Minimal (KKM) 76 yaitu dari rata 72.84 menjadi 84.28, sehingga naik 11.45%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 40.10%. artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa materi menggambar ragam hias dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi dari rata-rata prosentase hasil belajar 51.50% menjadi 91.60% sehingga hasil belajarnya melampaui indikator ketuntasan klasikal 75%. Dengan demikian model pembelajaran demonstrasi dapat menjadi upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar menggambar ragam hias mata pelajaran seni budaya dengan kenaikan aktivitas belajar 14.06% dan hasil belajar 40.10%.Adapun kesadaran para siswa dalam mengikuti proses belajar dan kreativitas dari para pengajar perlu ditingkatkan lagi agar dapat menghasilkan siswa yang berprestasi.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Suraningsih, S. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Ragam Hias Mata Pelajaran Seni Budaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa VII E MTs Negeri 1 Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(5), 1376–1388. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.173