Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa Smp Tentang Covid-19 Dengan Kepatuhan Menerapkan Prokes Saat Menjalani Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Di Smp Negeri 3 Saitnihuta Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.170Keywords:
Tingkat Pengetahuan, , Covid-19, Kepatuhan Protokol kesehatanAbstract
Pandemi Covid-19 menjadi peristiwa yang mengancam kesehatan masyarakat dan telah menjadi sorotan dan perhatian dunia saat ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama Corona Virus Disease – 19, tanda dan gejala umum penyakit ini adalah gangguan pernapasan akut seperti sesak nafas, demam, dan batuk. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa SMP Tentang Covid-19 dengan Kepatuhan Menerapkan Prokes Saat Menjalani Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Di SMP Negeri 3 Saitnihuta Tahun 2022. Jenis rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 84 responden. Didapatkan Hasil penelitian tingkat pengetahuan siswa SMP Negeri 3 Saitnihuta memiliki pengetahuan yang baik sebanyak ( 60,7%) dan kepatuhan menerapkan prokes saat menjalani pembelajaran tatap muka di masa pandemi dengan kategori sedang sebanyak (54,8%). Hasil uji statistik alternatif fisher exact test menunjukkan nilai P Value =0.144 yang berarti tidak ada hubungan tingkat pengetahuan siswa SMP tentang Covid-19 dengan kepatuhan menerapkan prokes saat menjalani pembelajaran tatap muka di masa pandemi di SMP Negeri 3 Saitnihuta Tahun 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Murni Sari Dewi Simanullang, Helinida Saragih, Ice Septriani Saragih, Dina Andriyani Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.