Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Untuk Pengembangan Modul Ajar Konsep Perubahan Lingkungan Melalui Penerapan Education For Sustainable Develpment(Esd)

Authors

  • Lina Ari Suharyani Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.159

Keywords:

Bahan Ajar, Education for Sustainable Development(ESD), berpikir kritis

Abstract

Penerapan    Education for Sustainable Development(ESD) pada materi perubahan lingkungan  sangat penting dalam pengembangan modul ajar.   Penelitian   ini     bertujuan     untuk     mengetahui kemampuan   berpikir   kritis   siswa kelas X SMAN 2 Mranggen. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan total sampel sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam bentuk tes tertulis mengacu pada indikator berpikir kritis yang dikembangkan oleh Ennis. Indikator keterampilan berpikir kritis yang diukur adalah : 1) Memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification); 2) Membangun keterampilan dasar (basic support); 3) Penarikan kesimpulan (inference); dan 4) Memberikan penjelasan lebih lanjut (advanced clarification); dan 5) Mengatur strategi dan taktik (strategies and tactics). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 2 Mranggen masuk kategori rendah. Teknik   pengumpulan   data   yang   digunakan   adalah   observasi dan tes tertulis.  Hasil  penelitian  digunakan sebagai bahan pengembangan  modul ajar konsep perubahan lingkungan berbasis Education for Sustainable Development(ESD)  untuk meningkatkan  kemampuan berpikir  kritis  siswa.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Ari Suharyani, L., & Siswanto, J. . (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Untuk Pengembangan Modul Ajar Konsep Perubahan Lingkungan Melalui Penerapan Education For Sustainable Develpment(Esd). Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(5), 1276–1284. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.159