Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Menelaah Struktur Dan Kebahasaan Teks Tanggapan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Ix-B Mts Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.147Keywords:
Tipe Jigsaw, , MTs Negeri 2 Demak, Aktivitas siswaAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan dan keaktifan belajar siswa kelas IX-B MTs Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan prosentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 12 siswa atau sekitar (41,38%) dari 29 siswa, setelah dilaksanakan siklus I dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw menjadi 18 siswa yang tuntas dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sekitar (62,07%) dengan rata-rata nilai sebesar 73,97. Kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 25 siswa atau mencapai sekitar (86,21%) dengan nilai rata-rata sebesar 78,28. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IX-B MTs Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. Aktivitas siswa terdiri dari rasa ingin tahu, kerjasama dan toleransi. Pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 60,06%, artinya aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir aktivitas belajar siswa mencapai 83,91% sehingga berada pada kriteria sangat baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Era Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.