Strategi Distribusi Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Pt.Wahana Multi Logistik Di Masa Pandemik Covid-19

Authors

  • Agus Setiawan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti
  • Winda Herwinda Institut Transportasi dan Logistik Trisakti
  • Suharto Abdul Majid Institut Transportasi dan Logistik Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.145

Keywords:

Strategi Pemasaran, Matriks Ansoff, Matriks Boston Consulting Group, TOWS Matriks, Internal dan Ekternal Faktor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang signifikan dimiliki oleh PT.Wahana Multi Logistik pada tahun 2020 – 2021, untuk kemudian mengetahui analisis strategi yang diperlukan oleh PT.Wahana Multi Logistik dalam meningkatkan daya saing pada masa pandemi tahun 2020 – 2021. Metode atau desain penelitian ini merupakan skema penelitian yang disusun sedemikian rupa sehingga peneliti dapat memeperoleh jawaban terhadap pertanyaan penelitian. Metode penelitian kualitatif dilakukan dalam penelitian ini adalah matriks TOWS, matriks BCG dan Ansoff Matrix. Hasil pada penelitian ini didapatkan bahwa berdasarkan perhitungan yang didapat pada nilai tertimbang Matrix Internal Factor Evaluasion (IFE Matrix) adalah 3,26 yang berarti memiliki indikasi bahwa posisi PT. Wahana Multi Logistik memiliki posisi internal yang sangat kuat. Sedangkan nilai tertimbang Matrix Eksternal Factor Evaluasion (EFE Matrix) adalah 3,44 yang mengidikasikan bahwa PT. Wahana Multi Logistik dalam menghadapi peluang dan ancaman yang cukup kuat. Pada Matriks Boston Consulting Group, Kondisi PT. Wahana Multi Logistik berada pada kuadran pertama, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam kondisi yang sangat menguntungkan karena memilki kekuatan sehingga dapat memilih beberapa peluang dan strategi yang dihasilkan dari matriks tersebut. Pada Matriks Ansoff , Strategi yang didapat berdasarkan Forum Discussion Group  ialah Product  Development dimana perusahaan dapat melakukan produksi produk Dangerous Packaging yang awalnya perusahaan bekerjasama dengan perusahan lainnya,  mungkin kedepannya dapat memproduksi produk sendiri.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Setiawan, A., Herwinda, W., & Abdul Majid, S. . (2022). Strategi Distribusi Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Pt.Wahana Multi Logistik Di Masa Pandemik Covid-19. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(5), 1133–1138. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.145