Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Terhadap Perilaku Dan Hasil Belajar Di SD

Authors

  • Nur Agus Siswanto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Farhan Saefudin Wahid Universitas Muhadi Setiabudi
  • Didik Tri Setiyoko Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i2.14

Keywords:

Pola Asuh, Perilaku Sosial, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perilaku sosial disekolah sering menimbulkan adanya peserta didik menangis saat diejek temannya atau dijahili, masih ada peserta didik yang mendapatkan hasil belajar dibawah kriteria minimal. Beberapa masalah yang diteliti dipenelitian ini yaitu pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar disekolah, dan perilaku sosial terhadap hasil belajar disekolah serta pengaruh pola asuh orang tua dan perilaku terhadap hasil belajar disekolah.  Penelitian ini dilakukan dikelas III SD Negeri Losari Kidul 03. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil temuan dan analisis perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig atau probabilitas sebesar 0,126 yang berarti > 0,05 atau 0,126 > 0,05. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap hasil belajar disekolah. Hasil temuan untuk masalah yang selanjutnya menggunakan uji t diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,012 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat  pengaruh dari perilaku sosial terhadap hasil belajar. Hasil temuan dan analisis menggunakan uji f untuk masalah yang terakhir dan diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,138 > 0,05. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh dari pola asuh orang tua, perilaku sosial terhadap hasil belajar disekolah dasar.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Siswanto, N. A., Wahid, F. S. ., & Setiyoko, D. T. . (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Terhadap Perilaku Dan Hasil Belajar Di SD. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(2), 65–70. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i2.14