Implementasi Cost-Leadership Strategy Dan Pembuatan Company Profile Pada Umkm Kuliner Kota Bandung Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Rendra Trisyanto Surya Politeknik Negeri Bandung
  • Etti Ernita Sembiring Politeknik Negeri Bandung
  • Dian Imanina Burhany Politeknik Negeri Bandung
  • Sulistia Suwondo Politeknik Negeri Bandung
  • Arry Irawan Politeknik Negeri Bandung
  • Arif Afriady Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.139

Keywords:

Strategi kepemimpinan biaya, Harga pokok produksi, Profil Perusahaan, UKM Kuliner Kota Bandung, , Manajemen Berbasis Aktivitas

Abstract

Akibat dari pandemi Covid-19 yang hampir tiga tahun melanda Indonesia   menyebabkan berubahnya strategi perusahaan agar tetap bisa bertahan karena diikuti oleh lesunya perekonomian. Hal ini sangat dirasakan oleh usaha kecil dan menengah (UKM). Agar dapat bangkit kembali, maka UKM tersebut harus melakukan berbagai upaya dan strategi yang tepat. khususnya menyangkut peningkatan daya saing. Daya saing,salah satunya dapat timbul dari harga jual produk yang kompetitif, selain tetap berkualitas. Strategi kepemimpinan biaya atau dikenal dengan istilah cost-leadership strategy menajdi salah satu pilihan. Strategi ini mengharuskan perhitungan harga pokok produksi yang efisien agar harga jual yang dihasilkan bersaing. Namunn, fenomena yang ada di kalangan pelaku UMKM adalah, masih banyak yang keliru dalam menentukan harga pokok produksi. Kesalahan dalam penentuan harga pokok berimbas pada kesalahan penentuan harga jual. Jika harga jual lebih tinggi dari yang seharusnya, produk perusahaan tidak mampu bersaing dengan produk perusahaan lainnya. Sedangkan jika harga jual lebih rendah dari yang seharusnya, perusahaan akan mengalami kerugian, yang  tanpa disadari akan mengurangi modal kerja secara bertahap. Daya saing juga meningkat jika “dipercaya” oleh masyarakat dan menerapkan promosi yang tepat. Salah satu alat sarana untuk tujuan ini adalah company profile. Company profile yang baik dan informatif akan membantu perusahaan mengenalkan produk dan identitas perusahaan kepada konsumen, klien, dan perusahaan lain agar dipercaya (trusted) sebagai partner. Company profile berisikan sejarah, deskripsi, struktur organisasi, visi misi perusahaan, produk/jasa perusahaan, kelebihan dan pencapaian perusahaan, serta dokumentasi perusahaan (legal aspect) . Legal aspect kini menjadi penting  di tengah maraknya “kebohongan” perusahaan yang berjualan online. Di dalam company profile dicantumkan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai bukti legal dari keberadaan perusahaan,yang juga berfungsi  sebagai media yang mudah dilacak oleh konsumen.Kedua dimensi permasalahan di atas juga dialami oleh pelaku UMKM Kuliner Kota Bandung yang tergabung dalam Koperasi WJS. Solusi yang akan diberikan dengan melaksanakan program PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) dalam bentuk pelatihan dan pendampingan  mengimplementasikan cost leadership strategy termasuk Activities-Based Management-nya.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Trisyanto Surya, R., Ernita Sembiring, E. ., Imanina Burhany , D. ., Suwondo, S., Irawan, A., & Afriady, A. (2022). Implementasi Cost-Leadership Strategy Dan Pembuatan Company Profile Pada Umkm Kuliner Kota Bandung Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(5), 1074–1086. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.139