Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei)

Authors

  • Sisky Oktavianti Sutyaningrum Universitas Islam Kadiri, Kediri

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.350

Keywords:

NPM, ROA, ROE, DER, DAR, Harga Saham

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini persaingan di dunia usaha semakin ketat. Perusahaan yang tidak mampu bersaing maka tidak akan mampu bertahan dan kemungkinan besar akan tersingkir dari dunia usaha. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Sub-sektor Perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bursa Efek Indonesia merupakan salah satu cara para investor dalam melakukan proses investasi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampel dengan metode purposive sampling method yaitu metode pengambilan sampel atas dasar penentuan karakteristik dan kriteria tertentu yang sudah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan SPSS for Windows. Hasil dari analisis tersebut yaitu variabel NPM (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap  harga saham (Y). Variabel ROA (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap  harga saham (Y). Variabel ROE (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap  harga saham (Y). Variabel DER (X4) berpengaruh positif signifikan terhadap  harga saham (Y). variabel DAR (X5) berpengaruh positif signifikan terhadap  harga saham (Y). Hal tersebut diketahui dari hasil analisis korelasi yaitu nilai R Square sebesar 0,896 atau 89,6%.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Oktavianti Sutyaningrum, S. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) . Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(5). https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.350