Upaya Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas Ix Smp Al-Washliyah 34 Bandar Tinggi Melalui Teori Belajar Van Hiele
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.111Keywords:
Teori Belajar Van Hiele, Kemampuan Spasial Siswa, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa melalui teori belajar Van Hiele pada siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek pada penelitian ini sebanyak 23 siswa kelas IX SMP Al-Washliyah 34 Bandar Tinggi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan spasial dan dokumentasi. Tes kemampuan spasial digunakan untuk mengetahui perkembangan kemampuan spasial siswa sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengamati proses keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti saat diterapkannya teori belajar Van Hiele. Hasil penelitian dengan penerapan teori belajar Van Hiele, kemampuan spasial siswa mengalami perkembangan. Dilihat berdasarkan hasil tes kemampuan spasial siswa pada tiap siklus, pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,09 % (6 siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 63,03 dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 85 sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 82,61% (19 siswa) dengan nilai rata-rata pada kemampuan spasial siswa pada siklus II sebesar 84,13 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Dengan adanya peningkatan rata – rata kemampuan spasial siswa dari siklus 1 ke siklus 2, jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan teori belajar Van Hiele dapat mengembangkan kemampuan spasial siswa di kelas IX SMP Al-Washliyah 34 Bandar Tinggi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nur Wasilah Hawari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.