Upaya Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas Ix Smp Al-Washliyah 34 Bandar Tinggi Melalui Teori Belajar Van Hiele

Authors

  • Nur Wasilah Hawari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.111

Keywords:

Teori Belajar Van Hiele, Kemampuan Spasial Siswa, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa melalui teori belajar Van Hiele pada siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek pada penelitian ini sebanyak 23 siswa kelas IX SMP Al-Washliyah 34 Bandar Tinggi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan spasial dan dokumentasi. Tes kemampuan spasial digunakan untuk mengetahui perkembangan kemampuan spasial siswa sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengamati proses keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti saat diterapkannya teori belajar Van Hiele. Hasil penelitian dengan penerapan teori belajar Van Hiele, kemampuan spasial siswa mengalami perkembangan. Dilihat berdasarkan hasil tes kemampuan spasial siswa pada tiap siklus, pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,09 % (6 siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 63,03 dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 85 sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 82,61% (19 siswa) dengan nilai rata-rata pada kemampuan spasial siswa pada siklus II sebesar 84,13 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Dengan adanya peningkatan rata – rata kemampuan spasial siswa dari siklus 1 ke siklus 2, jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan teori belajar Van Hiele dapat mengembangkan kemampuan spasial siswa di kelas IX SMP Al-Washliyah 34 Bandar Tinggi

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Wasilah Hawari, N. (2022). Upaya Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas Ix Smp Al-Washliyah 34 Bandar Tinggi Melalui Teori Belajar Van Hiele. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 810–817. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.111