Analisa Motivasi, Tantangan Dan Kesuksesan Pelaku Usaha Sosial

Authors

  • Antasari Putra Universitas Trisakti
  • Maria R. Nindita Radyati Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.103

Keywords:

Kriteria Sukses, Motivasi, Tantangan, Usaha Sosial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa terhadap program Pengembangan Usaha Sosial melalui Kompetisi Desain Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) tahun 2021 yang dilakukan oleh Bali Creative Industry Center (BCIC) Kementerian Perindustrian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode content analysis untuk menganalisa hasil in-depth interview terhadap pemenang kompetisi tersebut untuk mengetahui motivasi, tantangan dan sukses criteria dalam menjalankan usaha sosial berdasarkan usia usaha sosial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi pelaku berdasarkan usia usaha sosial. Usaha sosial yang berusia lebih satu tahun memiliki motivasi moneter sedangkan mereka yang berusia dibawah satu tahun memiliki motivasi non-moneter. Selain itu terdapat perbedaan tantangan yang dihadapi bedasarkan usia usaha, di mana pelaku usaha diatas satu tahun tidak memiliki masalah dalam hal organisasi (manajemen usaha) karena sudah pernah mengikuti program peningkatan kapasitas manajemen usaha dan memiliki komunitas wirausaha. Selain itu, kriteria kesuksesan menurut mereka yaitu melakukan perubahan / memberikan dampak di tingkat sistemik (regional / provinsi / nasional) kemudian diikuti meningkatkan kapasitas kelompok miskin dan terpinggirkan. Penelitian selanjutnya diharapkan bisa mencakup sampel yang lebih luas dengan bisnis yang sudah matang

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Putra, A., & Radyati, M. R. N. . (2022). Analisa Motivasi, Tantangan Dan Kesuksesan Pelaku Usaha Sosial. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 720–731. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.103