Analisa Motivasi, Tantangan Dan Kesuksesan Pelaku Usaha Sosial
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.103Keywords:
Kriteria Sukses, Motivasi, Tantangan, Usaha Sosial.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa terhadap program Pengembangan Usaha Sosial melalui Kompetisi Desain Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) tahun 2021 yang dilakukan oleh Bali Creative Industry Center (BCIC) Kementerian Perindustrian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode content analysis untuk menganalisa hasil in-depth interview terhadap pemenang kompetisi tersebut untuk mengetahui motivasi, tantangan dan sukses criteria dalam menjalankan usaha sosial berdasarkan usia usaha sosial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi pelaku berdasarkan usia usaha sosial. Usaha sosial yang berusia lebih satu tahun memiliki motivasi moneter sedangkan mereka yang berusia dibawah satu tahun memiliki motivasi non-moneter. Selain itu terdapat perbedaan tantangan yang dihadapi bedasarkan usia usaha, di mana pelaku usaha diatas satu tahun tidak memiliki masalah dalam hal organisasi (manajemen usaha) karena sudah pernah mengikuti program peningkatan kapasitas manajemen usaha dan memiliki komunitas wirausaha. Selain itu, kriteria kesuksesan menurut mereka yaitu melakukan perubahan / memberikan dampak di tingkat sistemik (regional / provinsi / nasional) kemudian diikuti meningkatkan kapasitas kelompok miskin dan terpinggirkan. Penelitian selanjutnya diharapkan bisa mencakup sampel yang lebih luas dengan bisnis yang sudah matang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Antasari Putra, Maria R. Nindita Radyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.