Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Penerangan 1 Fasa melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.102Keywords:
Hasil belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), Instalasi penerangan listrik 1 fasaAbstract
Paradigma pembelajaran didesak beberapa alasan untuk berubah melalui pembelajaran yang inovatif dan sangat berkait dengan perubahan tingkah laku guru . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 56 Jakarta pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik 1 fasa melalui penerapan Model pembelajaran Contextual Teaching Learning ( CTL). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMKN 56 Jakarta kelas 11 Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 sebanyak 35 orang, serta mengambil waktu penelitian selama kurang lebih enam bulan pada semester gasal bulan Juli – Desember 2022 tahun pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan model dari Stephen Kemmis & Robin McTaggart yang terdiri dari empat tahapan ; Perencanaan, Tindakan (Pelaksanaan), Observasi dan Refleksi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus masing-masing 3 kali pertemuan yang menggunakan instrument angket serta lembar observasi.Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning ( CTL) mengaitkan antara materi yang diajarkan/dipelajari dengan situasi dunia nyata melalui observasi instalasi penerangan listrik 1 Fasa. Peserta didik semakin tertarik melalui paparan kerja kelompok dan diaktualisasikan dalam kertas gambar A3.Dari hasil penelitian Siklus I, hasil belajar peserta didik 69 % nilai dibawah angka 75. Setelah pada Siklus II hasil belajar yang diperoleh peserta didik menjadi 39 % nilai dibawah angka 75, sebagai indikasi adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian menyimpulkan bahwa Model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, membuat peserta didik termotivasi dan Iebih berani mengeluarkan pendapat saat pembelajaran di kelas, dan melatih peserta didik dalam belajar secara berkelompok maupun individual.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Badner Sibarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.