Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Penerangan 1 Fasa melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)

Authors

  • Badner Sibarani SMK Negeri 56 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.102

Keywords:

Hasil belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), Instalasi penerangan listrik 1 fasa

Abstract

Paradigma pembelajaran didesak beberapa alasan untuk berubah melalui pembelajaran yang inovatif dan sangat berkait dengan perubahan tingkah laku guru . Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  peserta didik SMK Negeri 56 Jakarta  pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik 1 fasa melalui penerapan Model pembelajaran Contextual Teaching Learning ( CTL). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMKN 56 Jakarta kelas 11 Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 sebanyak 35 orang, serta mengambil waktu penelitian selama kurang lebih enam bulan pada semester gasal bulan Juli – Desember 2022 tahun pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan model dari Stephen Kemmis & Robin McTaggart yang terdiri dari empat tahapan  ; Perencanaan, Tindakan (Pelaksanaan),  Observasi dan Refleksi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus masing-masing  3 kali pertemuan yang menggunakan instrument angket serta lembar observasi.Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning ( CTL) mengaitkan antara materi yang diajarkan/dipelajari dengan situasi dunia nyata melalui observasi  instalasi penerangan listrik 1 Fasa. Peserta didik semakin tertarik melalui paparan kerja kelompok dan diaktualisasikan dalam kertas gambar A3.Dari hasil penelitian Siklus I,  hasil belajar peserta didik 69 % nilai dibawah angka 75. Setelah pada Siklus II hasil belajar yang diperoleh peserta didik menjadi 39  % nilai dibawah angka 75, sebagai indikasi adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian menyimpulkan bahwa Model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, membuat peserta didik termotivasi dan Iebih berani mengeluarkan pendapat saat pembelajaran di kelas, dan melatih peserta didik dalam belajar secara berkelompok maupun individual.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Sibarani, B. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Penerangan 1 Fasa melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) . Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 713–719. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.102